Rabu, 03 April 2013

Sekilas Donor Darah


Selamat siang :)

kali ini saya akan menulis mengenai Donor Darah. 
mungkin sudah tidak asing lagi ketika kita mendengar istilah donor darah. Darah itu sendiri terbagi menjadi 4 golongan umum diantaranya golongan darah A, B, AB, dan O. setiap golongan darah memiliki karakter yang berbeda-beda dan tidak sembarang golongan bisa memberi atau menerima darah dari golongan lain.

Apa itu donor darah?
Donor darah adalah proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela untuk disimpan di bank darah untuk kemudian dipakai pada transfusi darah.

Dimana kita bisa melakukan donor darah?
kita dapat mendonorkan darah kita di Kantor pusat atau cabang donor darah seperti PMI, atau bahkan di tempat-tempat dimana sebuah organisasi, komunikas atau perusahaan melakukan suatu program kegiatan CSR yang menyediakan tempat dan bekerjasama dengan pihak PMI untuk mengadakan kegiatan donor darah. 

Apa saja kriteria atau syarat yang diperbolehkan untuk mendonorkan darahnya?
·         Calon pendonor harus berusia 17-60 tahun
·         Sehat jasmani dan rohani
·         Berat badan minimal 50kg
·         Kadar hemoglobin >12,5 gr%
·         Tekanan darah 100-160 (sistole) dan 70-100 (diastole)
·         Calon pendonor tidak mengalami gangguan pada pembeku darah
·         mengisi dan menandatangani formulir pendaftaran
·         Lulus pengujian kondisi berat badan, hemoglobin, golongan darah, dan pemeriksaan oleh dokter
·         Untuk menjaga kesehatan dan keamanan darah, maka calon donor tidak diperbolehkan mendonor jika kondisi yang tidak sehat atau menderita sakit (alkoholik, hepatitis, diabetes, miltus, epilepsi, HIV&AIDS, demam dan lain sebagainya)
·         Bagi yang baru mencabut giginya kurang dari tiga hari maka tidak diperkenankan mendonor, begitu juga yang sedang hamil, menyusui, bahkan yang baru menindik dan mentato belum sampai setahun diharapkan agar tidak mendonor.

Apa saja manfaatnya?
Terdapat banyak manfaat jika kita mendonorkan darah secara rutin, baik bermanfaat untuk tubuh kita sendiri, dan kita juga dapat membantu saudara kita yang memang sedang membutuhkan darah. selain itu donor darah memiliki manfaat:

-      Mengetahui golongan darah, (bagi yang belum mengetahui)

-      Pemeriksaan kesehatan
Sebelum menyumbangkan darah, riwayat kesehatan di pendonor harus diperiksa. Bahkan dokter melakukan beberapa tes dasar untuk melihat apakah darah dapat disumbangkan atau tidak. Jadi, itu adalah salah satu alasan untuk 'memaksa' diri melakukan pemeriksaan. Melalui tes ini, Anda bisa mengetahui apakah Anda sehat atau tidak. Dengan cara ini, Anda juga dapat dibuat sadar akan masalah kesehatan yang mempengaruhi tubuh Anda.

-      Menyeimbangkan kadar zat besi
Ini adalah salah satu manfaat kesehatan terbaik dari donor darah. Menurut penelitian, banyak orang memiliki tingkat zat besi berlebih yang dikonsumsi melalui makanan. Jadi, untuk menyeimbangkan kadar zat besi dalam tubuh, cara yang baik adalah dengan menyumbangkan darahnya. Memiliki terlalu banyak zat besi dalam darah bisa berbahaya bagi jantung.
Perempuan dapat menyeimbangkan kadar zat besi melalui menstruasi. Namun laki-laki, dan perempuan setelah menopause perlu menyeimbangkan kadar zat besi dalam tubuh mereka.

-      Mengontrol tekanan darah
Ini adalah salah satu manfaat kesehatan dari donor darah. Bila Anda menyumbangkan darah, volume darah seimbang. Hal ini untuk mencegah peningkatan tekanan darah. Jadi, jantung yang sehat baik untuk mencegah penyakit kardiovaskular.

-    Pendonor yang rutin mendonorkan darahnya setiap 3 bulan sekali dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung, terutama pada laki - laki sebesar 30% (British Journal Heart) seperti serangan jantung koroner dan stroke karena memungkinkan terjadinya pergantian sel darah baru, dan badan merasa sehat
-       Membakar kalori dalam tubuh
-       Dan lain sebagainya.

Donor darah bukan hal yang perlu kita takuti, justru malah membuat tubuh kita menjadi lebih segar dan sehat jika kita rutin menjalankannya. kita tidak akan  merasakan sakit jika kita mendonorkan darahnya dalam keadaan yang sehat dan iklas mendonorkannya.
Mungkin hanya ini saja yang bisa saya share mengenai donor darah, semoga ini dapat membuka rasa kepedulian terhadap tubuh kita sendiri dan terhadap sesama saudara kita  yang membutuhkan darah.

Mari kita berdonor darah, karena setetes darah kita dapat bermanfaat untuk satu jiwa yang membutuhkannya. Sekian dan terimakasih. Semoga dapat bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar