Kamis, 28 Februari 2013

Manajemen saluran distribusi : week 1 dan 2

Selamat mlm bloger :)
Selanjutnya saya akan membahas mengenai management saluran distribusi pada pertemuan 1 dan 2

Tipe-tipe distribusi:
1. Direct Distribution : Supplier memiliki dan memanage sendiri, dan langsung menyampaikan atau melayani secara langsung ke konsumennya.
2. One-Tier Distribution : ada perantara untuk memperluas daerah jangkauan, posisi produk mendukung saluran untuk konsumen.
3. Two-Tier Distribution : price murah, penjualannya melalui banyak intermediary, volum penjualan harus besar.
4. Multi-Tier Distribution : mempertimbangkan kondisi geografis dan ekonomi
5. OEM (Original Equipment Manufactur) suatu supplier, dimana suatu produk yang dihasilkan dijual langsung ke perusahaan.

Distributor adalah proses dimana supplier mengamankan beberapa distributor yang akan bertindak sebagai jalur kepasar.

Role of distributor memiliki fungsi utama berkemampuan untuk menyediakan produk sesuai dengan kebutuhan dimana didapat dari prantara berikutnya.

Ada tiga bisnis model dalam distribusi:
1. Value added distributor : berlaku jika produk memiliki limited distribution, reasons of small market size, dimana volume pasar dikurangi dan margin diperbesar.
2. Broadline Distributor : menyediakan market yang luas termasuk jumlah barangnya banyak.
3. Fulfillment Distributor : produk cenderung untuk dibeli daripada mereka menjualnya (cenderung hanya melalui atau numpang lewat dalam distributor). marginnya kecil, dan distributor akan membeli jumlah yang banyak.

Semoga review ini dapat menambah wawasan bagi para bloger mengenai management saluran distribusi, terimakasih.

Sumber: Dosen Management Saluran Distribusi, Administrasi Bisnis - Institut Management Telkom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar